Kamis, 07 November 2019

Laboratorium Medis Polteka Mangunwijaya

   






   Kampus Polteka Mangunwijaya berbasis pendidikan vokasi dikarenakan sistem pembelajarannya 60% praktikum dan 40% teori. Pada kampus D-III Analis Kesehatan sendiri memiliki beberapa jenis laboratorium, diantaranya Laboratorium kimia yang biasanya digunakan untuk praktikum kimia, serta toksikologi. Kemudian ada laboratorium medis yang digunakan untuk praktikum bakteriologi, mikologi, protozoologi, urinalisa, bank darah dan sebagainya. Serta memiliki laboratorium sitohistologi yang digunakan pada saat praktikum sitologi, histologi, imunohistologi, imunohistokimia.
    Berdasarkan gambaran di atas, kami sedang melakukan praktikum bakteriologi menggunakan autoclave automatic. Autoclave adalah alat pemanas tertutup yang digunakan untuk mensterilisasi suatu benda atau media menggunakan uap bersuhu 121°C dan bertekanan 1 atm selama 15 menit. Autoclave sendiri juga dapat berfungsi sebagai pemusnaan bakteri pada media atau alat yang telah digunakan dalam praktikum. Pada perhitungan waktu sterilisasi sendiri dimulai pada saat suhu dalam autoklaf sudah mencapai 121°C. 
    Pada autoclave sendiri ada yang otomatis dan ada yang manual. Pembedanya jika pada autoclave manual semua aktifitas yang mengatur adalah manusia seperti penutupan autoclave, penjagaan suhu 121°C. Tetapi jika menggunakan autoclave otomatis semua diatur oleh mesin, manusia hanya bertugas untuk memasukkan media dan mengatur mode saja.


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar