Minggu, 15 Desember 2019

Praktikum Kewirausahaan

Pada saat pembelajaran praktikum kewirausahaan waktu itu berada di lab komputer, dibagi kelompok oleh Pak Priyo untuk berjualan secara nyata lewat berbagai sosial media, seperti Instagram, Web, Tokopedia, Buka Lapak, Shopee, Whatsapp. Saya mendapatkan kelompok bersama Adi dan Ani, dan kelompok kami mendapatkan cara penjualan melalui Web.
    Pertama yang kelompok kami lakukan adalah memilih produk yang akan dijual, waktu itu sempat kepikiran untuk reseller pakaian yang katanya dapat menghasilkan untung  yang banyak dan saya tidak setuju dengan keputusan itu karena menurut saya itu sangat repot. Kemudian kelompok kami merubah ide menjadi  pancake pisang dan kami semua setuju. Kami berencana untuk membuat pancake pisang tersebut dan terpilihlah rumah saya yang digunakan tempat untuk membuat dikarenakan letak rumah saya yang berada di tengah-tengah dari antara kami bertiga. Saat pembuatan pancake pisang amatlah repot dikarenakan kita semua hanya sedikit tahu cara pembuatannya dan hanya melihat dari youtube serta itu adalah pertama kali kami semua membuat pancake pisang tersebut, hasilnya pun cukup memuaskan tetapi saya tidak yakin untuk menjual pancake pisang tersebut kepada pembeli dikarenakan waktu, tempat dan cara kerja yang repot.
     Akhirnya kami sepakat untuk mengubah produk jualan kami, dan terpilihlah risol mayo sebagai produk berjualan kelompok kami. Produk risol kami berbeda dari risol lainnya, risol kami berisi mayonnaise, potongan telur dan potongan sosis. dan kami menjual dengan harga yang terjangkau yaitu 1 mika berisi 4 yang dijual dengan harga Rp. 10.000. Pada mikanya pun juga kami tempelkan logo produk kami, yang membuat produk kami pun juga berbeda dari yang lain.
     Dalam melakukan penjualan ini, kelompok kami bekerja semua mulai dari awal hingga akhir walaupun saya tidak dapat ikut terjun ke lapangan terlalu banyak dibanding Ani dan Adi dikarenakan waktu saya yang tidak memungkinkan. Saya berperan dalam menyumbang pikiran, membeli plastik mika, mengantar kepada konsumen walaupun hujan deras sekalipun, dan membuat laporan.
     Semoga risol kelompok kami dapat terus berjalan dan banyak diminati oleh konsumen.




Thank you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar